Maaf, Kumpulan materi untuk mahasiswa Agroekoteknologi sedang dalam proses. Terima kasih

Welcome to. . .

Welcome to. . .

Senin, 04 September 2017

Smart City Kota Batu


finfinfajrya.blogspot.com- Hello Moonlight di Kota Wisata Batu! Yess! Kali ini aku ada di Kota Batu untuk mengabdikan diri menjadi Tenaga Harian Lepas di Program Smart City Kota Batu. Program ini dilaksanakan dalam rangka membangun pemerintahan yang bersih, transparan dan meningkatkan pelayanan publik dengan berbasis teknologi informasi. Pemerintah Kota Batu mengajak masyarakat Kota Batu untuk mewujudkan Pembangunan, Pengembangan dan Pengelolaan Program Smart City Kota Batu.

Nah, apa sih artinya SMART CITY
Smart artinya Pintar dan City artinya Kota. Smart City artinya Kota Pintar yang diharapkan bisa memberikan kemudahan dalam melayani masyarakat (khususnya Kota Batu) berbasis teknologi. Canggih kan?

Nah, berikut ini penjelasan lengkapnya tentang Program Smart City dan beberapa aplikasinya.



Tentang SMART CITY
Menurut Perwali Kota Batu No. 78 Tahun 2017 tentang Master Plan Smart City, ide mengenai smart city ialah kota cerdas/pintar yang inovatif menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang berkelanjutan dalam membantu masyarakat mengelola sumber daya yang ada, memberikan informasi yang tepat, efisiensi operasi perkotaan, jasa, dan daya saing seiring dengan pemenuhan kebutuhan generasi saat ini dan setelahnya.
Pada konsepnya, kota cerdas harus memungkinkan warga masyarakat untuk berperan secara aktif dalam pengelolaan kota dengan memberikan umpan balik kepada penyedia layanan, baik dari sektor privat maupun publik.



Among Kota
Adalah aplikasi yang berguna sebagai sumber informasi seputar kota wisata Batu. Di dalam aplikasi ini, terdapat informasi mengenai berita teraktual kota Batu, event, tempat wisata, rute kendaraan umum, kontak darurat dan lainnya yang berguna bagi wisatawan.





Among Warga
Ialah aplikasi yang digunakan sebagai sarana penyampaian aspirasi masyarakat kepada pemerintahan mengenai kejadian di kota untuk ditangani secara langsung. Laporan ini akan disampaikan kepada dinas terkait yang berurusan dengan permasalahan tersebut untuk segera ditangani. Contohnya, hal tersebut meliputi sampah, kerusakan sarana prasarana umum, bencana, dan lainnya. Warga cukup menangkap foto kejadian melalui aplikasi sebagai bahan pelaporan. 





Among Tani
Adalah aplikasi yang khusus di bidang pertanian. Ini berfungsi sebagai aplikasi yang memajang hasil-hasil produk pertanian kota Batu lengkap dengan harga jualnya, untuk menjembatani petani memasarkan produknya kepada pembeli secara online. Aplikasi ini digunakan oleh petani sebagai penjual, warga umum sebagai pembeli, dan ahli tani sebagai penyedia informasi di forum diskusi tani. 





dan dari IG account @pemkotbatu_official
 

1 komentar: