Maaf, Kumpulan materi untuk mahasiswa Agroekoteknologi sedang dalam proses. Terima kasih

Welcome to. . .

Welcome to. . .

Sabtu, 19 Oktober 2013

Manfaat BROKOLI dan Olahannya bagi Kesehatan


finfinfajrya.blogspot.com -Brokoli? Pasti kalian tau deh. Brokoli adalah tanaman sayuran yang termasuk dalam suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Brokoli berasal dari daerah Laut Tengah dan sudah sejak masa Yunani Kuno dibudidayakan. Sayuran ini masuk ke Indonesia belum lama (sekitar 1970-an) dan kini cukup populer sebagai bahan pangan.

Bagian brokoli yang dimakan adalah kepala bunga berwarna hijau yang tersusun rapat seperti cabang pohon dengan batang tebal. Sebagian besar kepala bunga tersebut dikelilingi dedaunan. Brokoli paling mirip dengan kembang kol, namun brokoli berwarna hijau, sedangkan kembang kol putih.

Brokoli merupakan tanaman yang hidup pada cuaca dingin.

Sebagai makanan, brokoli biasanya direbus atau dikukus, atau dapat pula dimakan mentah. Cara terbaik dalam mengolah brokoli adalah dengan cara dikukus. Hal ini bertujuan agar segala vitamin dan nutrisi penting di dalamnya tidak hilang selama proses pemasakan. Merebus brokoli akan menghilangkan sekitar 50 % asam folat yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, jika ingin mengolah brokoli dengan cara direbus, sebaiknya brokoli tidak direbus terlalu lama, kira-kira tidak lebih dari 5 menit. Brokoli mengandung vitamin C dan serat makanan dalam jumlah banyak. Brokoli juga mengandung senyawa glukorafanin, yang merupakan bentuk alami senyawa antikanker sulforafana (sulforaphane). Selain itu, brokoli mengandung senyawaan isotiosianat yang, sebagaimana sulforafana, ditengarai memiliki aktivitas antikanker.



Manfaat Brokoli
• Tinggi kalsium

Kandungan kalsium pada 1 mangkuk brokoli yang direbus hampir setara dengan kalsium dalam segelas susu. Selain kalsium, brokoli juga kaya vitamin C. Bahkan kandungan vitamin C pada brokoli lebih tinggi dibanding kandungan vitamin C dalam satu buah jeruk.
Asupan vitamin C yang pas jumlahnya, yaitu 90 mg per hari, bagi tubuh dan membantu tubuh lebih mudah menyerap zat besi.

• Mencegah sembelit
Menyediakan brokoli secara teratur dalam makanan anak sehari-hari bisa membantu memperlancar pup anak sebab mengandung serat tinggi. Brokoli juga membuat anak terhindar dari gangguan pencernaan.
·   Manfaat Brokoli untuk Anti kanker.
The American Cancer Society merekomendasikan makan brokoli dan sayuran cruciferous lainnya karena mengandung fitokimia anti-kanker. Studi epidemiologis menunjukkan bahwa diet kaya brokoli dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker seperti kanker payudara, kanker usus dan kanker paru-paru.
·   Manfaat Brokoli untuk Anti penuaan.
Brokoli juga memiliki sifat anti penuaan yang dapat membalikkan efek dari proses penuaan.
·   Manfaat Brokoli untuk Mencegah racun yang masuk.
Kehadiran vitamin C, asam amino sulfur membuat brokoli menjadi penawar racun yang sangat baik. Brokoli membantu menghilangkan radikal bebas dan racun seperti asam urat dari tubuh.
·   Manfaat Brokoli untuk Membantu mengontrol diabetes.
Brokoli kaya kromium, yang dikenal untuk membantu mengatur insulin dan mengontrol diabetes.
·   Manfaat Brokoli untuk Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Brokoli adalah sumber vitamin C, nutrisi penting yang membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.
·   Manfaat Brokoli untuk Menjaga agar penglihatan tetap sehat.
Penelitian telah menunjukkan bahwa beta-karoten dalam brokoli dapat melindungi mata terhadap degenerasi makula dan mencegah katarak.
·   Manfaat Brokoli untuk Melindungi terhadap radiasi UltraViolet.
Peneliti menemukan senyawa sulforaphane dalam brokoli yang membantu mengurangi kerusakan kulit dan peradangan yang disebabkan oleh paparan radiasi UV.
·   Manfaat Brokoli untuk Memperkuat tulang dan Mencegah osteoporosis.
Karena kaya akan kalsium, magnesium seng, dan fosfor, brokoli membantu memelihara kekuatan tulang dan menjaga tulang tetap kuat. Mengkonsumsi brokoli sangat bermanfaat bagi para wanita tua dan hamil, karena orang-orang tersebut lebih rentan terhadap osteoporosis.
·   Manfaat Brokoli untuk Mencegah anemia.
Anemia biasanya berhubungan langsung dengan kekurangan zat besi. Besi dan asam folatyang ditemukan dalam brokoli dapat membantu mencegah anemia akibat defisiensi besi.
·   Manfaat Brokoli untuk Membantu kehamilan yang sehat.
Brokoli adalah sumber yang baik folat yang membantu mencegah cacat saraf seperti spina bifida dalam janin. Semua wanita membutuhkan sumber folat selama kehamilan.
·   Manfaat Brokoli untuk Mengurangi risiko penyakit Alzheimer.
Sebuah penelitian menunjukkan bahwa diet tinggi folat dapat mengurangi risiko penyakit Alzheimer dan brokoli adalah salah satu makanan yang mengandung zat ini.
·   Menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi.
Brokoli kaya akan serat penurunan kolesterol,serat kromium dan potasium yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan mengontrol tekanan darah.
·   Mengurangi risiko penyakit jantung.
Lutein karotenoid yang terkandung dalam brokoli dapat mencegah penebalan arteri di jantung, sehingga mengurangi risiko penyakit jantung terutama stroke.
·   Penurunan berat badan saat diet.
Brokoli sangat rendah dalam konten kalori. Sekitar 146 gram brokoli mengandung kurang dari 50 kalori dan oleh karena itu brokoli sangat baik untuk orang yang ingin menurunkan berat badan. Oleh karena itu, akan sangat baik apabila anda bisa mengkonsumsi brokoli setiap hari sebagai salah satu makanan sehat.

Olahan untuk Brokoli

Untuk Brokoli sendiri, dapat diolah menjadi Jelly Brokoli dan Es Krim Brokoli. Caranya dapat dilihat sebagai berikut :

Jelly Brokoli
·  Campurkan air, bubuk jelly, gula kedalam mangkuk, aduk hingga rata.
·  Sementara itu masukkan sari brokoli kedalam panci, dengan api yang sedang.
·  Setelah itu campurkn air, bubuk jelly ke dalam sari brokoli tersebut.
·  Aduk - aduk terus hingga mendidih.
·  Setelah mendidih angkat dan masukkan ke dalam cetakan.
·  Diamkan sampai mengeras.
·  Setelah mengeras keluarkan dari cetakan.
·  Masukkan kulkas.
·  Tata kedalam piring saji
·  Hidangkan.

Ice cream Brokoli
·         Melarutkan 1 sdm tepung maizena, 200 gr gula pasir dalam 600 ml susu tawar cair sambil diaduk hingga mengental dan mendidih kemudian didinginkan.
·         Mencuci 100 gr brokoli dalam air yang telah diberi garam untuk menghilangkan ulat-ulat halus.
·         Mengukus 100 gr brokoli selama 10 menit.
·         Memasukkan 100 gr brokoli yang sudah diblender, 60 ml krim kental manis, esen 1 sdt vanilla/coklat dan ¼ sdt garam halus ke dalam adonan.
·         Memasukkan adonan ke dalam freezer selama satu malam, kemudian dikeluarkan dari freezer, dikeruk – keruk dengan sendok dan mixer hingga lembut lalu dimasukkan kembali ke dalam freezer. Proses ini dilakukan 3 -4 kali pengocokan.

Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Brokoli
http://www.parenting.co.id/article/dunia.mama/sejuta.manfaat.brokoli/001/006/234
http://www.doktergaul.com/blog/15-manfaat-sayur-brokoli-untuk-kesehatan/2372.html

1 komentar: